Thursday, January 31, 2008

resep sup wortel untuk yang diare

Waktu Rana diare & dehidrasi, ibu buat sup wortel, bubur nasi, dan larutan gula garam (sebelum beli oralit). Rana juga ga minum susu formula atau makan makanan berlemak dulu sampai sembuh. Selain itu bisa juga minum air tajin. Membantu, lho..

Sup wortel ala Milupa sebagai berikut: wortel 500 gram, kupas dan potong-potong. Lalu rebus hingga lunak dengan air 1 liter. Setelah itu haluskan dengan blender dan tambah air masak s.d. 1 liter. Beri garam 1 sdm (3 gram).

Kalau terlalu banyak, buat porsi setengahnya. Wortel sangat membantu karena bisa mengikat racun-racun dalam perut, membersihkan perut s.d keluar. Waktu itu Rana makan sup sama nasi penyet. Atau alternatif lain, nasi penyet atau nasi lunak ditambah kaldu ayam.

Yang jelas, harus banyak minum (selain susu formula atau susu formula yang diencerkan) atau disusuin, supaya nggak dehidrasi. Di sini (Jerman) ada Heilnahrung (HN) dari berbagai macam merek alias makanan (bisa dikonsumsi berupa larutan atau bubur) untuk yang lagi sakit (termasuk diare). Manjur, setelah makan HN Humana 2-3x, langsung mampet. Alhamdulillah...

0 comments: