Monday, March 10, 2008

Ranas Tagesbuch im Krankenhaus (Diary Rana di rumah sakit)

Minggu, 10.03.08
Pagi ini rana dah mulai lebih segar. Dia bisa merespon lingkungannya lebih baik. Rana juga banyak tidur, yah tiap tiga jam sekali. Makannya juga mulai nafsu, lebih-lebih kalau dia boleh pegang makanannya sendiri, kayak kl makan bretzel, roti atau pasta. Karena rana ditemani ayah, jadinya bisa lebih leluasa jalan-jalan. Secara ibu teler gitu loh, selamalam jagain rana yang setelah jam 12 malem tiap dua-tiga jam terjaga. Charlotte malah lebih seger lagi, dia suka panggil rana. Senengnya, dia boleh pulang hari itu karena sudah nggak ada deman dan tidurnya lebih baik.

Senengnya, tad malam si rana mau tidur sendiri di tempat tidur bayi rumah sakit gitu! Soalnya kan dia kalau di rumah maunya tidur sama ayah ibu. Mmh, momentum yang baik untuk mulai latihan!! Semalaman suster atau dokter memantau rana, mulai dari temperaturnya, demam/ga, kadar O2 dalam darah, bunyi waktu nafas, dll dll. Pokoknya ibu berasa hampir tiap jam bangun.

Lagipula si rana keliatan betah dirumah sakit. (Gimana ngga betah, ibu aja betah. Lha wong rumah sakitnya lebih bagus, lega, bersih daripada rumah kita di Pfinzstr.66!!! Udah gitu ga perlu masak dan beres-beres. Dah kaya di hotel aja laaah. Hahahah, dasar pemalas!!!)

Siang hari dokter utama dateng, periksa rana dan mastiin kalau rana emang kena bronchitis. Beliau bilang kl kondisinya cepat membaik mungkin harus dirawat 2-3 hari, tapi bisa sampai seminggu. Mmmh…

Sorenya rana ketemu sama banyak anak kecil yang dirawat di Station itu. Ada juga yang kena brochitis. Kayaknya sih, yang paling kecil rana. Rana seneng banget liat anak-anak itu. Pengennya ngejar melulu, walaupun kemampuan juga belum pol. Untungnya juga, si rana bisa latihan jalan disitu, dia jadi terpacu karena yang lain dah bisa lari. Disini ada juga ruang khusus bermain, ada rak buku yang isinya segubrak buku cerita mulai yang buat segede rana sampe Harry Potter, mainan mobil2an, seluncuran, lego, dll. Hehehe… lagian seperti yang dibilang sebelumnya, luaaaasss bow!

Sorenya rana diwaslap, supaya bersih. Kan belom mandi seminggu (kalau renangnya yang hari kamis nggak dihitung). Terus makan malam & bobo dengan pulas mulai dari jam delapan malam. Selain itu kita berdua bisa menguasai satu kamar penuh, secara Charlotte dah pulang dan belom ada yang masuk lagi.

Senin, 11.03.08
Pagi bangun jam setengah enam, karena rana gelisah. Ternyata pampersnya bocor karena nomernya kekecilan. Yasu, ibu bangun & langsung ganti popok. Abis itu bikin susu & biarin rana main-main di kamar. Mumpung sendirian…

Jam delapanan sarapan pagi, juga buat rana. Dia seneng karena boleh pegang rotinya sendiri. Dah gitu bersih-bersih karena dia pup. Akhirnya… dah 2-3 hari ini belom pup soalnya! Setelah itu dokternya dateng bersama asisten dokter plus suster. Mungkin hari Senin ya, jadinya full team yang dateng. Udah gitu beliau liat kemajuannya minum, makan, selain kondisi batuknya. Wah, ternyata boleh pulang!!! Yuppi… senengnya! Sayang karena liburan dah selesai, tapi kan lebih enak dirumah, lebih bebas. Akhirnya dikasih resep buat beli obat pengganti inhalasi.

Abis itu ibu merayakannya dengan mandikan rana. Lho kok? Yah, biar rana lebih seger & badannya lebih besih & nyaman. Kan dah lama ga mandi… puas, abis itu rana main di kamar, makan siang, main ke selasar yang banyak mainannya dan jalan ke luar menghirup udara segar. Bobok deh abis itu…

Dokternya kasih surat pengantar buat dokter anak (Fr. DR. Holstein) dan resepnya. Hari Kamis harus kontol sama DR. Holstein. Jam tigaan ayah dateng, kita pulang deeeh… Home sweet home!

0 comments: